Cara Melamar Pekerjaan Ini Bisa Membuat HRD Terkesan



www.kuduskerja.com - Ketika Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, tentu saja, Anda bukan satu-satunya kandidat. Karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara melamar pekerjaan yang dapat meyakinkan HRD. Dengan begitu, peluang Anda untuk mengalahkan kandidat lain akan lebih besar.

Berikut adalah beberapa cara untuk melamar pekerjaan yang tepat dan apa yang perlu Anda ketahui.

Pilih bidang yang sama

Jika Anda memilih untuk melamar pekerjaan di bidang yang sama dengan pekerjaan Anda saat ini, HRD akan melihatnya sebagai nilai tambah. Anda dapat menggunakan pengalaman kerja yang ada atau sebelumnya untuk meningkatkan nilai tawar Anda. Karena itu, HRD dapat memastikan bahwa Anda adalah kandidat yang paham bidang pekerjaan yang dilamar, dan pada kenyataannya, memiliki kualifikasi di bidang ini.

Apa yang terjadi jika Anda seorang freshgraduated dan tidak memiliki pengalaman kerja? Jangan khawatir, Anda bisa membuat blog dan menulis untuk bertindak sebagai portofolio. Karena ini akan menjadi kekuatan Anda sendiri di mata HRD.

Gunakan istilah khusus di bidang Anda

Gunakan istilah teknis yang umum digunakan di bidang Anda. Misalnya, Anda dapat melamar posisi manajer produk. Oleh karena itu, Anda dapat memasukkan Scrum atau Agile dalam surat lamaran atau mendiskusikannya selama wawancara.

Jika Anda tertarik pada suatu posisi di departemen pemasaran digital, pastikan untuk mengfotokan kampanye yang telah Anda lakukan di pekerjaan Anda sebelumnya di setiap saluran media sosial. Dengan cara ini, perekrut dapat yakin bahwa mereka sudah pantas mendapatkan seseorang pada posisi di perusahaan mereka.

Sebutkan gaji dengan jujur

Faktanya, pertanyaan HRD tentang gaji sebelumnya di kantor dan harapan gaji yang Anda inginkan seringkali menjadi dilema. Tapi percayalah, kejujuran adalah yang terbaik. Hindari berbohong tentang gaji Anda saat ini.

Hati-hati, karena HRD memiliki jaringan yang luas. Jika Anda berbohong, ini mungkin berbahaya sehingga proses perekrutannya di kemudian hari mungkin menjadi masalah.

Gunakan foto profesional

Jika Anda memasukkan foto ke dalam CV Anda, pastikan foto Anda terlihat profesional. Hindari menggunakan efek yang berbeda untuk membuat wajah Anda lebih cantik atau lebih menarik dalam foto.

Alasannya adalah ini akan membuat foto Anda terlihat tidak profesional, dan pada akhirnya, HRD tidak akan mengizinkan Anda untuk merekrutnya. Ingatlah untuk mengenakan pakaian formal, seperti jaket saat mengambil foto. Ini akan menjadi poin yang mendukung HRD.

Perhatikan cover letter dengan benar

Cover letter berfungsi untuk merefleksikan diri Anda dan bagaimana kemampuan Anda. Karena itu, penting bagi Anda untuk memberikan cover letter yang dapat mengesankan HRD. Selain perkenalan singkat tentang Anda, Anda juga harus menyertakan pengalaman kerja yang relevan untuk pekerjaan yang ingin Anda lamar.

Hindari banyak berganti pekerjaan

Meskipun saat ini berganti pekerjaan merupakan hal umum, HRD juga memperhatikan hal seperti ini. Juga dengan waktu Anda bekerja di perusahaan sebelumnya. Jika Anda bekerja untuk waktu yang lama di sebuah perusahaan, para HRD dapat melihat kesetiaan Anda dalam situasi tertentu. Ini juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan untuk merekrut.

Lakukan riset pada perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan

Sebelum Anda melamar, atau sebelum pergi wawancara, disarankan untuk melakukan sedikit riset tentang perusahaan yang akan dilamar. Jadi, Anda tahu bagaimana penampilan perusahaan, apa model bisnis perusahaan itu, dan siapa target pengguna dan kontribusi apa yang dapat mereka berikan kepada perusahaan.

Jika Anda sudah mengetahui beberapa dari hal-hal ini, niscaya akan lebih bernilai bagi Anda. HRD akan menjadi penggemar Anda.

Perbaiki profil sosial media

Di era digital ini, semakin banyak perekrut berusaha memantau akun media sosial dari kandidat. Karena, juga diyakini bahwa jejaring sosial mewakili kepribadian seseorang. Sekarang, untuk mengesankan HRD, coba rubah profil Anda di media sosial.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melamar Pekerjaan Ini Bisa Membuat HRD Terkesan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel